Widget HTML Atas

China mendukung penyelidikan WHO dan pandemi coronavirus

China mendukung penyelidikan WHO dan pandemi coronavirus

Negara-negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia, termasuk China, PAda Selasa mendukung seruan  untuk penyelidikan independen terhadap pandemi coronavirus yang telah menewaskan lebih dari 318.000 orang di seluruh dunia.

Resolusi tersebut, yang dirancang dan dipromosikan oleh Uni Eropa tetapi tidak mengidentifikasi negara mana pun dengan namanya, menyerukan "evaluasi yang tidak memihak, independen dan komprehensif" dari pandemi, termasuk tindakan WHO.

Pada pertemuan virtual badan pembuat keputusan WHO, Majelis Kesehatan Dunia, Amerika Serikat, yang menuduh WHO sebagai "boneka China", tidak menghalangi adopsi resolusi tersebut.
AS mengatakan bahwa resolusi itu adalah "langkah kritis pertama" dalam memastikan badan kesehatan dunia dapat memainkan perannya dan bahwa ada sistem internasional yang mampu "merespons secara efektif" terhadap pandemi berikutnya.

Tapi itu juga "memisahkan" dirinya dari pernyataan resolusi tentang hak-hak bagi negara-negara miskin untuk melepaskan aturan kekayaan intelektual dalam memperoleh obat dalam keadaan darurat, lapor Reuters.


Sebelumnya pada hari Selasa, Presiden AS Donald Trump mengancam akan membekukan secara permanen dana AS untuk WHO dan mempertimbangkan kembali keanggotaan negaranya jika badan PBB tersebut tidak berkomitmen untuk "perbaikan substantif besar" dalam 30 hari ke depan.
Sementara itu, Uni Eropa meminta negara-negara untuk bersatu untuk mengalahkan pandemi.

"Resolusi itu juga mengingatkan perlunya kita semua untuk mengevaluasi kinerja kita," kata blok itu. “Investigasi independen tentang bagaimana pandemi ini dimulai dan menyebar akan menjadi penting, karena kita perlu mengambil pelajaran dari krisis saat ini untuk memperkuat kesiapan global kita untuk masa depan.

Juru bicara kementerian luar negeri Cina Zhao Lijian mengatakan resolusi itu sejalan dengan posisi Beijing bahwa negara-negara harus mendukung WHO dan bahwa evaluasi harus dilakukan pada "waktu yang tepat".

"Ini semua konsisten dengan posisi China dan juga mencerminkan keinginan bersama mayoritas negara di dunia," kata Zhao. Dia juga mengkritik Australia karena mendorong penyelidikan atas penanganan wabah China.

Pertemuan dua hari itu tidak termasuk diskusi tentang proposal bagi Taiwan untuk mendapatkan kembali status pengamatnya. Sebagai gantinya, proposal tersebut akan dipertimbangkan oleh Komite Umum PBB dan sebuah rekomendasi akan dibuat untuk badan WHA tentang apakah akan memasukkan masalah untuk sesi WHA berikutnya di akhir tahun, kata ketua majelis Keva Lorraine Bain.

Proposal itu hampir pasti akan bertemu dengan oposisi dari Beijing, yang menuntut WHO untuk tidak mengizinkan pulau yang diperintah sendiri itu menghadiri pertemuan tahunannya.

Liu Weidong, seorang spesialis dalam urusan internasional di Akademi Ilmu Sosial Tiongkok, mengatakan bahwa setelah berminggu-minggu memposisikan negara-negara seperti AS dan Australia, pendekatan kerja sama Beijing pada pertemuan itu telah melunakkan kritik terhadap China.
"Pertunjukan Cina di majelis ini dan pendiriannya, terbuka dan sangat tanpa pamrih," kata Liu.

"Tindakan Tiongkok memang membuatnya tampak tanpa pamrih berkontribusi untuk membangun komunitas kesehatan global untuk semua."

Dia mengatakan seruan AS untuk melacak asal-usul Sars-CoV-2, nama resmi virus yang menyebabkan Covid-19, kehilangan dukungan.

“Semua orang akan menyadari [AS] mengkritik Tiongkok dan menemukan kesalahan dengan Tiongkok karena politik internal, yang merupakan perilaku yang sangat memperhitungkan. Tidak banyak negara yang akhirnya mengikuti [AS] karena itu akan memengaruhi soft power mereka sendiri, ”katanya.

"Pengaruh internasional Amerika sekarang dibandingkan dengan sebelum Covid-19 benar-benar telah jatuh banyak."

Mark Eccleston-Turner, seorang dosen hukum yang berspesialisasi dalam kesehatan global di Universitas Keele Inggris, mengatakan setiap penarikan oleh AS dari WHO akan merusak upaya melawan virus corona, yang membutuhkan upaya internasional.

“Sangat penting untuk melihat Amerika meninggalkan WHO bukan hanya tentang uang. Ini adalah pukulan besar bagi multilateralisme, dan secara umum bukan hanya multilateralisme di ruang kesehatan, "kata Eccleston-Turner.

"Tidak hanya dalam hal kemampuan pendanaannya, AS adalah pemain global yang besar dalam perjalanan udara internasional, perdagangan internasional dan juga seputar pengembangan obat-obatan dan intervensi."

Dia mengatakan bahwa meskipun ada banyak diskusi di majelis mengenai pelajaran yang dapat dipelajari, ada sedikit tindakan konkret dari negara-negara anggota untuk mengatasi masalah utama yang dihadapi WHO.

"WHO tetap kekurangan dana, sistem kesehatan di seluruh dunia tidak memiliki infrastruktur untuk mendeteksi, mencegah, dan merespons penyakit menular yang muncul dan muncul kembali dengan cepat dan negara-negara terus mengabaikan hukum dan norma yang terkandung dalam Peraturan Kesehatan Internasional," dia berkata.

No comments for "China mendukung penyelidikan WHO dan pandemi coronavirus"