Widget HTML Atas

Perawat hamil yang diduga menderita COVID-19 meninggal di rumah sakit di Surabaya

Perawat hamil yang diduga menderita COVID-19 meninggal di rumah sakit di Surabaya

Seorang perawat hamil empat bulan yang dicurigai menderita COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur, meninggal pada hari Senin setelah menerima perawatan di dua rumah sakit yang berbeda, lapor para pejabat.

Ari Puspita Sari, 26, telah bekerja di Rumah Sakit Royal selama lebih dari setahun merawat pasien non-COVID-19.

Menurut juru bicara rumah sakit Dewa Nyoman Sutanaya, Ari dirawat dan dirawat di sana selama tiga hari setelah menunjukkan gejala COVID-19. Karena kondisinya semakin memburuk, ia dirujuk ke Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Ramelan (RSAL), juga di Surabaya, pada hari Jumat.


Dia dilaporkan meninggal sekitar pukul 10.50 pagi pada hari Senin, bersama dengan bayinya yang belum lahir. Pada saat kematiannya, hasil tes usapnya belum dikeluarkan, tetapi "RSAL membantu penguburan menggunakan protokol COVID-19," kata Dewa seperti dikutip oleh tribunnews.com.

Kematiannya dikonfirmasi oleh ketua Asosiasi Perawat Indonesia (PPNI) Harif Fadhilla pada hari Senin, yang juga melaporkan jumlah perawat saat ini yang terjangkit penyakit ini.

Baca juga: COVID-19: #IndonesiaTerserah tren ketika rasa frustrasi meningkat atas pelanggaran jarak fisik, kebijakan pemerintah

"Dua puluh perawat di seluruh dunia telah meninggal karena COVID-19," katanya seperti dikutip dari kompas.com.

Lima puluh sembilan perawat telah dikonfirmasi memiliki COVID-19, sementara 48 lainnya diduga menderita penyakit ini.

“Data mungkin tidak faktual karena [pasien melangkah maju] secara sukarela. Mungkin ada banyak perawat yang tidak melaporkan status mereka, ”katanya, menunjukkan bahwa jumlah sebenarnya perawat dengan COVID-19 mungkin lebih besar daripada data yang dikumpulkan.


Presiden Joko “Jokowi” Widodo menyatakan belasungkawa atas kematian Ari melalui akun Facebook resminya.

“Saya mendengar berita sedih tentang Ari Puspita Sari, seorang perawat di Rumah Sakit Kerajaan Surabaya yang meninggal bersama bayinya,” tulisnya. "Hati saya keluar untuk Ari, dokter dan pekerja medis lainnya, serta mereka yang bekerja di garis depan, berjuang melawan COVID-19."

Sebuah video 52 detik yang memperlihatkan seorang pasien dibawa ke unit isolasi rumah sakit oleh staf medis yang mengenakan jas hazmat sebelumnya menjadi viral di media sosial.

Video tersebut, diposting oleh pengguna Facebook bernama Bayou Prakoso di Facebook pada hari Senin, diberi judul: "Seorang perawat Rumah Sakit Royal di Surabaya, positif untuk COVID-19 dan hamil empat bulan, memiliki sedikit peluang untuk bertahan hidup karena dia sudah bergantung pada respirator . Tolong doakan ibu ini dan bayinya. "

Beberapa petugas medis lain terlihat memanggil nama Ari dari jauh ketika dia didorong ke lift di bawah protokol COVID-19 yang ketat.


Beberapa jam setelah video menjadi viral, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memposting foto perawat di akun Instagram resminya, mengumumkan bahwa ia telah meninggal dunia.

“Pahlawan medis lain dari Jawa Timur telah meninggal. Saya, secara pribadi, dan pemerintah Jawa Timur mengirimkan hati kami kepadanya dan kami berterima kasih padanya untuk pekerjaannya, ”tulisnya dalam posting tersebut.

No comments for "Perawat hamil yang diduga menderita COVID-19 meninggal di rumah sakit di Surabaya"